Selasa, 08 Januari 2013

Film Mandarin Terbaik

Film silat atau film kungfu. Rasanya genre satu ini akan tetap jadi favorit saya sampai kapanpun. Saya besar di lingkungan yang gemar sekali dengan film-film bertema silat, baik dari lokal maupun luar. Dan di kampung saya dulu film kolosal dari hollywood itu banyak yang kurang suka. Tapi kalau film silat atau kungfu, sekampung keluar semua buat nobar. hahaha.
Saya sangat ingat sekali film pertama yang saya tonton itu, dan itu tidak akan pernah saya lupa. Dulu saya sempat lupa dengan filmnya tapi inget kembali waktu salah satu stasiun tv lokal menayangkan kembali film ini lewat layar emasnya.
Sejak melihat film itu saya jadi sangat suka dengan film yang bertema silat atau kungfu. Bahkan waktu pindah dari desa ke kota, serial silat dari HongKong ini tidak pernah saya lewatkan. Seperti Siluman Ular Putih, Pendekar Harum, Pendekar Ulat Sutra, atau Judge Bao yang dulu tayang hampir tiap malam minggu.
Untuk itulah saya akan membuat beberapa list film Mandarin bertema kungfu atau silat terbaik versi saya.

1. Tai Chi Master a.k.a Twins Warriors (1993)

Ada yang ingat adegan di atas? kalo yang suka film Jet Lee pasti hapal dengan adegan satu ini. Sering banget dulu di putar di stasiun tv lokal. Tapi buat anak-anak sekarang mungkin gak akan  ngeh sama poto di atas. Dan kenal Jet Lee juga di film ini. Sejak saat itu fans dengan aktor Cina ini. Waktu nonton film ini saya bahkan belum tau Jackie Chan.
Film Tai Chi Master adalah film Silat/Mandarin  terbaik versi saya sampe saat ini karena jalinan kisahnya yang bagus. gerak-gerakan kungfunya begitu luwes dan lincah. Kalau ingat beberapa adegan koreografer dan juga konflik yang ada dalam film ini, saya jadi pengen liat lagi film ini. Film besutan Yuen Woo Ping ini punya cerita yang sangat bagus. Sebuah persahabatan yang rusak karena ketamakan dan dengki. Di film ini juga lah saya jadi fans Michelle Yeoh. Tapi sayang Woo Ping saat ini sudah jarang bikin film yang bagus, terakhir karya beliau True Legend di tanggapi biasa saja sama kritikus juga penontonnya.

2. Red Cliff part 1 (2008)

Film yang bertemakan Tiga Kerajaan memang tidak pernah habis untuk di bikin filmnya ataupun serialnya di Cina sana. Film yang di sutradarai John Woo akan di bagi dalam dua bagian. Dan rasanya itu adalah hal yang wajar, mengingat materi film ini memang tidak bisa di bikin hanya dalam satu film. Karena akan banyak yang hilang kalau filmnya hanya satu. Saya sangat suka film ini karena Settingnya dan perangnya di buat dengan sangat apik dan berseni. Ceritanya juga sih, di tambah Semua pemain juga berakting dengan sangat bagus. Tony Leung dan Takeshi Kaneshiro menampilkan chemstry yang klop. Rasanya saya belum pernah menonton film kolosal Cina yang ceritanya serapi ini juga setnya yang megah. Red Cliff akan jadi film Cina yang tentunya akan selalu saya ingat. 

3. Once Upon A Time in China (1991)
Rasanya tidak mungkin gak masukin film ini dalam daftar list saya. Film yang juga terkenal dengan soundtrack lagunya yang sering banget di pakai di beberapa film parodi ini dan tendangan bayangannya yang sangat terkenal sampai sekarang, menjadikan film ini punya fans yang cukup banyak di seluruh dunia. Nama Wong Fei Hung sendiri sangat identik dengan Jet Lee. Tokoh silat yang juga seorang muslim menurut beberapa sumber ini merupakan legenda nyata di Cina sana. Film ini di bikin beberapa sequelnya sampai seri lima. Walau di seri terakhir bukan Jet Lee yang megang lagi. Film ini juga yang membuat nama sutradara Tsui Hark makin terkenal di Asia, selain menyutradari Hark juga menulis sendiri cerita film ini. Martial Art dalam film ini sangat kental sekali. jurus-jurus yang di hadirkan juga sangat apik. Film ini sampai sekarang masih sering di putar di beberapa stasiun tv lokal. Dan herannya saya gak pernah bosan buat nonton.

4. Ip Man 1 (2008)



Donnie Yen termasuk aktor film kungfu yang di perhitungan di HongKong. Walau tidak setenar Jet Lee atau Jackie Chan tapi Donnie Yen termasuk aktor yang selalu total dalam filmnya. Dan dia juga tidak mau kalah dengan Jet Lee yang pernah memerankan Wong Fei Hung. Donnie juga lewat film ini memerankan tokoh nyata yang terkenal dengan aliran Wung Chun nya. Film yang di sutradarai Wilson Yip ini tak di sangka laris manis di pasaran sekaligus mengangkat pamor Donnie. Bahkan sudah di bikin sequel nya yang juga laris. 2013 ini sequel ketiga filmnya rencananya akan kembali di tayangkan.
Saya suka dengan film ini karena koreo kungfu nya bener-bener artistik. Dengan latar setting zaman penjajahan Jepang, film ini tampil memukau dengan duel seru antara Ip Man dengan jendaral Jepang Miura. 

1 komentar: