Sabtu, 22 Desember 2012

Film Favorit 2012


Tahun 2012 bentar lagi akan habis. Seperti biasa, tiap mau akhir tahun saya akan membikin film-film yang jadi favorit saya di tahun 2012 ini. Kalau dulu cuma lewat facebook. Maka tahun ini ada blog, maka saya mau nulisnya juga di sini. Buat menuhin aja.hoho.
Cukup banyak juga film yang memuaskan. Terutama film yang based on novel favorit saya. ada Life of Pi dan The Hobbit. Walau khusus buat The Hobbit di pecah jadi tiga bagian. Tapi saya malah senang, soalnya tiap tahun ada juga film yang di tunggu. Setelah dulu selalu menunggu Harry Potter kapan rilisnya.
Saya belum berani bikin daftar film terbaik, karena saya sendiri bukan ahli-ahli amat. haha.

Dan inilah daftar film favorit saya di tahun 2012.
1. Life of Pi

Film ini paket komplit buat saya pribadi. Saya bahkan kasi skor perfect buat film ini saking seneng dan puasnya dengan hasil film yang di sutradarai oleh Ang Lee ini. Walau dia bukan asli orang India, tapi nuansa hindi nya sangat terasa dalam film ini. Tapi bukan karena faktor Indianya saya suka film ini. Film yang di angkat dari novel Yan Martel ini juga novel favorit saya. Temen saya, zul lah yang nyuruh saya baca novel ini buat di baca. Dulu saya cuma sering liat cover novelnya di toko buku tanpa ada niat mau membeli. Soalnya takut kecewa. Tapi setelah membaca. wow! isi ceritanya sangat bagus sekali.
Kembali ke film, waktu membaca novel ini, fantasi saya sudah masuk terbang ke mana-mana. Lautnya, ikan-ikannya dan pulau meerkatnya yang misterius. tapi di film bahkan fantasi yang muncul dalam pikiran saya tadi melebihi apa yang saya bayangkan waktu membacanya dulu. Visualisasinya sungguh teramat luar biasa bagus. Angle kameranya, efek CGI nya, 3Dnya lagi. Memanjakan mata dan hati. Ceritanya sendiri sudah sangat inspiratif. Mengenai tuhan pertanyaan. Tuhan itu ada gak sih. Saya termasuk yang percaya dengan cerita Pi yang pertama, soal kejadian yang dia alami itu menunjukan segalanya tentang kekuasaan tuhan. Karena kalau bukan kejadian nyata. Maka Pi tidak akan tahu bagaimana kuasanya tuhan dan dia tidak akan tahu betapa maha besarnya tuhan.
Apalagi CGI Richard Parker itu sangat halus sekali. Seolah-seolah nyata. Suraj Sharma juga berakting tak kalah bagusnya. Padahal belum pernah akting. Sungguh sajian yang sangat luar biasa.

2. The Hobbit : Unexpected Journey




Salah satu film yang sangat saya tunggu juga tahun ini setelah Life of Pi. Rasanya menyenagkan sekali bisa kembali ke Middle Earth. Kembali melihat dunia fantasi yang cuma bisa saya bayangkan di dalam pikiran saya ketika kecil atau ketika membaca novelnya. Dulu waktu hype film The Lord of the Ring. Di tempat saya masih belum ada bioskop. jadi cuma bisa memyaksikannya lewat tv, itu pun saya tak henti-hentinya kagum dengan film ini. Karena berhasil menyihir saya yang emang suka banget dengan genre fantasi. Dan setelah sekin lama, selama 10 tahun sejak film terakhirnya Return of King tayang. Peter Jackson come back. WOHOOO!!!walau sebelumnya proyek ini di pegang Del Toro. Tapi gak jadi. Karena alasan keluarga sih katanya. Rasanya menyenangkan sekali melihat dunia tengah di layar yang lebar. Kalau dulu di tv saya terkagum-kagum dengan Rivendell dan juga Shire. Maka sekarang saya kembali makin kagum dengan kerajaan Erebor yang megah dan Rivendell kembali hadir dan di perlihatkan lebih detail dari yang dulu.ahhh...senang sekali mata dan bathin ini melihat semua itu.
Apalagi begitu tau PJ membelahnya menjadi tiga. wahh..makin senang. Kembalinya dream team dalam proyek ini membuat semua elemen TLOTR gak akan hilang. Makanya sewaktu menonton film ini saya tidak merasakan kekurangan akan elemen dunia tengahnya. Para kurcacinya juga sangat mengemaskan dan lucu. Di tambah music score dari Howard Shore. Menambah megahnya film ini. Kemunculan singkat Galadriel dan Saruman juga menambah nostalgia buat fansnya TLOTR. Tak terasa sudah 10 tahun aja ya film TLOTR berlalu.
Tahun depan part 2 dari The Hobbit pasti akan lebih seru, karena di novelnya juga seru di part mereka ketemu dengan peri dan di tangkap laba-laba. Semoga umur di panjangkan..:D

3. The Avengers

Nah, ini film juga saya kasih nilai perfect. walau banyak yang bilang saya lebay karena udah kasi nilai yang sempurna. Tapi namanya juga puas, apalagi emang wajar juga kalau film ini di kasi nilai segitu. Unsur komik yang sangat kental di film ini berhasil di sajikan Joss Whedon dengan sangat menghibur. Latar belakang Whedon yang emang penulis cerita komik menjadikan film ini emang sudah sangat tepat dia yang nanganin. Entah kalau bukan dia yang bikin. Porsi masing-masing superhero seperti Iron Man, Captain America, Thor, Hulk dan juga dua agent Shield Hawk Eye dan Black Widow tampil dengan pas tanpa harus ada yang mendominasi cerita. Juga tidak membuat film ini kehilangan fokusnya. The Avengers dua akan sangat di nantikan pastinya. Tapi sebelumnya mereka harus pisah dulu, jadi tahun depan siap-siap dengan aksi satu persatu member The Avengers ini.

4. The Dark Knight Rises
Rasanya tidak afdol kalau tidak memasukan instalment ketiga Batman arahan Christopher Nolan ini. Film superhero yang serius, begitu saya nyebutnya. Seri pertamanya yang di beri judul Batman Begins terus berlanjut ke The Dark Knight membuat seri ketiga ini juga paling banyak di tunggu oleh para moviegoers dan juga fanboynya Batman. Tone filmnya masih tetap sama kayak di seri sebelumnya, walau tidak serumit di TDK. TDKR ini jauh lebih simple. Walau musuh yang di hadapin kali ini katanya jauh lebih pintar. Tapi buat saya Joker tetap tak terkalahkan cerdiknya. Manipulatif dan licik. Bane yang jadi musuh besarnya di seri TDKR ini tetep nyeremin sih. Soalnya cuma dia musuh Batman yang berhasil matahin tulang punggung si manusia kelelawar ini. Melihat ending filmnya, kalau dari POV saya sih gak akan ada sequel.

5. The Amazing Spider-Man


Jujur aja sih, masuknya Spidey di list saya ini karena saya emang fans ama tokoh komik ini. haha. Dulu saya sempat males liat film spidey ini di reboot lagi tapi ternyata hasilnya tidak buruk juga. Terutama karakter Peter Parkernya yang sudah mendekati aslinya. Andrew Garfield juga pas bawain karakter ini tanpa harus terbayang-bayang Peternya Tobey. Masuknya Emma Stone sebagai Gwen Stacy juga membuat film ini menarik, dan saya sih lebih suka Peter ama MJ sih. Cuma sayang musuhnya Lizard, soalnya saya kurang demen ama musuhnya yang bentuk binatang ini. Tapi cukuplah. Apalagi saya liatnya di 3D. cukup memuaskan melihat Spidey nya melompat sana  dan sini. oya, Spidey di film ini lebih luwes dab lincah daripada Spidey nya Sam Raimi dulu. Walaupun begitu, Spider-Man 1 dan 2 tetap film Spider-Man no 1 saya..

Itulah lima besar film yang paling saya favoritkan tahun 2012 ini. Pengennya sih lebih, tapi kalau lima aja kan lebih enak milihnya..haha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar