Sabtu, 15 Desember 2012

Nonton Piala Maya

CC. Kemaren malam saya menghadiri acara yang sangat seru lho. Sebuah ajang award buat film nasional yang baru pertama kali di adakan. Rasanya bangga menjadi bagian dari acara itu. Akan menjadi sebuah sejarah pastinya buat saya dan para panitia piala maya tentunya. Karena yang pertama itu selalu di kenanng. Walau kemaren datang telat beberapa menit tapi tidak menghilangkan rasa semangat saya. Saya bangga dan terharu dengan upaya temen-temen saya yang suka film ini terhadap film indonesia. walau mereka juga suka film luar tapi rasa cinta mereka terhadap film nasional yang bermutu dan berkualitas tidak pernah pupus. Saya malu jadinya, karena gak semua film lokal itu saya tonton dengan semangat tahun ini. Dan ini rasanya bukan cuma saya sih. masih banyak temen-temen saya yang malah lebih parah. Sudah gak mau nonton film lokal. Kalau saya masih mendingan. Apalagi kan gak semua film lokal itu jelek. Walau sudah saya kompori ini itu masih saja dia tidak mau. Sudahlah, malah cerita temen saya pula.

Acara piala maya sendiri di adain di hotel Aston Rasuna Jakarta. di Bridge Function Room. Keren juga ya, dengan semangat indie mereka bisa melaksanakan event ini dengan sukses. Tanpa ada dukungan pemerintah lho. Tapi itu tidak membuat panitia patah arang. Tanpa bantuan sponsor acara ini mungkin sulit di adakan. walau di acara kemaren tidak semua pemenang datang. Cuma beberapa aja yang datang. Kayak Jajang c Noer, Atika Hasiholan, Adina Rasti dan Yayan Ruhian. Dan beberapa kru dari rumah produksi yang masuk nominasi. Kalau saja semua artis dan para pemenang itu datang pasti akan lebih bahagia rasanya. Usaha mereka para panitia piala maya seakan di hargai. Tapi itu bukan masalah kalau saya liat. Secara acara ini juga masih baru. Semoga kedepannya para artisnya datang. Pasti seru.

Piala Maya sendiri tercetus karena mereka memang masing-masing berkumpul karena dunia maya. Dari twitter Film_Indonesia. mereka akhirnya terbesit ide bikin piala ini dan mereka serius dengan ide ini, maka jadilah ajang penghargaan piala maya ini. wahh..keren ya.

Sebelum malam puncak ini, sebenarnya sudah di adain pekan film piala maya di Sae Jakarta. Acara nya sendiri berlangsug selama 8 hari. lama juga ya. Yang memutar film-film yang masuk nominasi untuk di tonton lagi buat para pencinta film lokal. Gratis pula. Sayang saya gak bisa hadir. Soalnya kerja pulangnya malam :(.
Tapi untungnya sebagian dari filmnya sudah pernah saya tonton. Jadi bisa nebak-nebak film apa aja yang jadi favorit saya buat menang. Dan tadi malam cuma dikit tebakan saya yang tepat. (ketawa sendiri).

Waktu mendengar speech dari oma Jajang C Noer ketika membacakan nominasi juga jadi hiburan tersendiri. Beliau bilang piala maya ini seperti tandingan FFI kemaren. Kontan seluruh yang hadir tertawa. soalnya FFI tahun ini kembali bikin kontroversi. hadeuh..selalu saja.

Dan juri-juri untuk Piala Maya ini banyak dari kalangan muda. Mereka ada 100 orang. Dari blogger,komunitas, penyiar, pers, dan masih banyak lagi. Nominasinya juga lebih kreatif dan lebih banyak dari FFI kalau saya liat. Dan ada beberapa nominasi yang ada di Piala Maya ini tidak ada bahkan emang di lupain ama panitia FFI. Sayang sekali. Seperti penata kostum, dan make-up.

Saya pribadi sangat sangat sangat antusias dengan acara ini. Semangat cinta film Indonesianya membuat saya jadi semangat juga. untuk saat ini saya masih jadi penonton. Semoga kedepannya saya jadi bagian dari acaranya.hahaha..paling gak, jurilah atau salah satu kritik saya masuk gitu. soalnya di Piala Maya ini ada pialanya buat kritik film terpilih.(ngarep).

Semoga ajang ini akan manjadi patokan buat para pencinta film nasional dalam melihat film nasional yang bermutu itu kayak apa dan ajang ini akan terus berlangsung setiap tahun. amin. Berikut para pemenangnya.

DAFTAR PARA PEMENANG PIALA MAYA 2012.


Kategori Film Dokumenter : • Negeri Dibawah Kabut

Kategori Film Animasi : • Culoboyo Mekitik

Kategori Tata Suara : • Khikmawan Santosa (Modus Anomali)

Kategori Tata Kostum : • Isaabelle Patrice (Arisan! 2)

Kategori Pemain Cilik : • M. Shihab Imam Muttaqien (Cita-citaku Setinggi Tanah)

Kategori Pendatang Baru : • Annisa Hertami (Soegija)

Kategori Tata Rias & Rambut : • Jerry Octavianus (The Raid)

Kategori Efek Khusus : • Eddie Cahyono & Kelik W. (Ambilkan Bulan)

Kategori Poster : • Sarita Ibnoe (Sinema Purnama)

Kategori Lagu Tema : • Perahu Kertas - Dewi Lestari (Perahu Kertas 1)

Kategori Sutradara : • Teddy Soeriaatmadja (Lovely Man)

Kategori Ilustrasi Musik : • Djaduk Ferianto (Soegija)

Kategori Tata Artistik : • Alan T. Sebastian (Soegija)

Kategori Skenario : • Teddy Soeriaatmadja (Lovely Man)

Kategori Penyuntingan : • Gareth Evans (The Raid)

Kategori Aktor Omnibus : • Tim Matindas (Sinema Purnama - Kiosk)

Kategori Aktris Omnibus : • Gesata Stella (Sanubari Jakarta - Pembalut)

Kategori Aktor Pemeran Utama : • Donny Damara (Lovely Man)

Kategori Aktris Pemeran Utama : • Jajang C. Noer (Mata Tertutup)

Kategori Aktor Pemeran Pembantu : • Rio Dewanto (Arisan! 2)

Kategori Aktris Pemeran Pembantu : • Adinia Wirasti (Arisan! 2)

Kategori Kritik Film : • Taufiqur Rizal (Jakarta Hati)

Kategori Sinematografi : • Yunus Pasolang (Hello Goodbye)

Kategori Film Daerah : • Maniwak (Papua)

Kategori Film Omnibus : • Kita VS Korupsi

Kategori Film Fiksi Pendek : • Shelter (sutradara : Ismail Basbeth)

Kategori Film Bioskop : • Lovely Man




Tidak ada komentar:

Posting Komentar